Saturday 16 May 2015

Mentimun dapat Membersihkan Wajah sampai Sepatu



Mentimun dapat Membersihkan Wajah sampai Sepatu


Jangan salah sangka teman-teman, mentimun bukan hanya sekadar penghias piring semata. Lebih dari itu, mentimun punya banyak manfaat untuk tubuh Anda. Salah satu jenis sayuran yang kerap dijadikan lalap ini mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Satu buah ketimun mengandung vit. B1, B2, B3, B5, B6, folic acid, vit. C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium dan seng.
                       
Dilansir dari Learnist, manfaat si sayur berkulit hijau nan segar ini tak cuma untuk tubuh tapi juga untuk memudahkan berbagai aktivitas di hidup Anda.

1. Sumber energi
Merasa lelah di siang hari? Lupakan kopi dan minuman soda lainnya dan beralihlah ke mentimun. Mentimun merupakan sumber vit. B dan karbohidrat yang bisa meningkatkan energi Anda selama beberapa jam. Tak lupa, memberikan tambahan asupan cairan ke dalam tubuh.

2. Membersihkan kaca dengan aroma harum
Setiap kali habis mandi dengan air hangat, kaca di kamar mandi pasti berembun. Potongan mentimun ini akan menghilangkan embun dan kabut di kaca dengan seketika. Memang, ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain lap biasa. Namun, kain lap pasti tidak bisa memberikan aroma segar seperti di tempat spa seperti saat membersihkan dengan mentimun.

3. Mengenyangkan perut lapar
Daripada ngemil aneka makanan berlemak dan membuat lingkar pinggang membesar, ambillah sebuah mentimun sebagai kudapan. Sudah sejak lama mentimun digunakan oleh penjelajah dan pedagang Eropa untuk mencegah mereka dari kelaparan. Seperti diketahui, mentimun juga mengandung karbohidrat dan air yang mampu membuat Anda menahan lapar.

4. Pembersih super
Mentimun bukan hanya pembersih alami untuk tubuh Anda. Namun sayuran ini juga berguna sebagai pembersih berbagai peralatan rumah tangga. Misalnya perkakas stainless steel sampai wadah pencuci piring.
Caranya pun mudah, ambil potongan mentimun kemudian gosok ke bagian yang ingin dibersihkan. Kerennya lagi, selain mengembalikan kilaunya tanpa bekas noda, mentimun tidak akan merusak kulit jari dan kuku Anda.

5. Menghilangkan mabuk
Setelah mabuk, biasanya sakit kepala akan muncul seketika. Untuk mengatasinya, makanalah beberapa iris mentimun sebelum tidur malam. Mentimun berkhasiat menghilangkan sakit kepala karena mangandung gula, vitamin B dan elektrolit yang akan membantu mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Menyegarkan napas
Beberapa makanan berpotensi membuat mulut dan napas Anda jadi bau. Tenang, irisan mentimun akan membantu mengembalikan napas segar seketika. Ambillah beberapa iris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut selama 30 detik.

7. Mengembalikan kilau sepatu
Kehabisan semir sepatu? Ambil beberapa potong mentimun kemudian gosok mentimun ke seluruh bagian sepatu. Cara ini akan membantu mengembalikan kilap sepatu tanpa merusaknya.

8. Menghambat stress
Tak perlu stres dan takut kulit wajah keriput atau kusam karena tak sempat ke salon dan spa. Sedikit irisan mentimun di rumah akan membantu menghilangkan ketakutan Anda ini.
Potong beberapa mentimun kemudian rendam semuanya dalam air mendidih. Semua vitamin dan nutrisi dari mentimun akan keluar karena panasnya air tersebut. Anda bisa menggunakan air mentimun ini sebagai air mandi atau pencuci muka.

By MIYAH