Tuesday 19 May 2015

Manfaat Buah Kelapa



MANFAAT BUAH KELAPA BAGI KESEHATAN



Pohon kelapa yang sudah akrab dikenal memiliki bentuk pohon yang menjulang tinggi ke angkasa dengan ketinggian 3 - 5 meter ini. Pohon kelapa dapat tumbuh subur di sekitar pesisir pantai serta daerah yang beriklim tropis. Oleh karena itulah, pohon kelapa dapat mudah ditemukan di tanah air tercinta Indonesia.
            
Buah kelapa merupakan buah yang sangat berguna untuk menunjang kehidupan seluruh umat manusia, karena semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Daun buah kelapa dapat digunakan untuk membuat ketupat, Lidi dan seratnya kelapa dapat dibuat sapu, pelepah dan batangnya untuk kayu bakar serta buah dan kandungan air dalam buah kelapa sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari buah kelapa untuk kesehatan tubuh seseorang.

Kandungan Dari Buah Kelapa Yang Bermanfaat

Daging Buah Kelapa
Yang terkandung dalam daging buah Kelapa ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa adanya proses hidrolisis dan enzimatis.
Sedangkan minyak yang memiliki rantai karbon yang panjang harus melalui beberapa tahapan dulu untuk diproses di dalam pencernaan manusia sebelum akhirnya dapat diserap dinding usus lewat beberapa proses yang panjang.

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak memengaruhi kolesterol darah. Dan terkait dengan manfaatnya, asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik sebagai anti-fungsi, anti-protozoa, anti-bakteri, dan juga anti-virus.

Air Kelapa
Tak hanya minyak dan dagingnya saja yang memiliki banyak manfaat, namun air Kelapa juga disinyalir mengandung banyak zat gizi. Kalau selama ini pemanfaatan air Kelapa hanya terbatas pada mengolahnya menjadi nata de coco, maka dengan kandungannya yang padat gizi, air Kelapa bisa dikembangkan lebih dari itu.

Menurut hasil analisis, dalam air Kelapa tua mengandung sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Air Kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, dan lainnya.

Makanya dengan banyak kandungan zat gizi tersebut menjadikan air Kelapa sangat kaya khasiat seperti untuk mengobati penyakit usus, penyakit kolera, muntah-muntah, cacar, campak, dan juga penyakit kulit lainya.

Air Kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik karena di dalam airnya memiliki kandungan mineral dan  gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit. Dengan banyak kandungan zat gizi baik di dalam daging, minyak maupun air Kelapa, buah ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat luar biasa buah kelapa bagi kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh.
Dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar pada meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh yang anda miliki. Sehingga tubuh tidak mudah terjangkit oleh berbagai jenis penyakit. Ini dikarenakan, buah kelapa bersifat antivirus, anti bakteri serta anti jamur.

2. Tulang Yang Lebih Kuat.
Buah kelapa mengandung sumber kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang anda. Maka dari itulah, untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) yang menyerang kalangan dewasa dan remaja, mulailah mengkonsumsi buah kelapa tersebut.

3. Jantung Yang Lebih Sehat.
Kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat mengurangi potensi penumpukan lemak dibagian arteri pada organ jantung anda.

4. Terlihat Lebih Awet Muda Sepanjang Waktu.
Minyak yang berasal dari buah kelapa bersifat antioksidan yang memiliki fungsi memperlambat proses penuaan dengan cara melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya yang tersebar di udara bebas.

5. Sistem Pencernaan Tetap Sehat.
Kandugan serat yang cukup tinggi dalam buah kelapa, menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga sistem dan organ pencernaan lebih sehat. Sehingga gangguan pencernaan serta gangguan buang air besar tidak akan anda temui lagi.

6. Rambut Yang Lebih Sehat Dan Bersinar Alami.
Rutin membasahi rambut dimalam hari dengan minyak kelapa dan mencuci atau membilasnya pada keesokan harinya, akan mampu meningkatkan kesehatan rambut di kulit kepala anda.

7. Menumbuhan Dan Meluruskan Rambut.
Caranya, parut kelapa dan rendam dalam sedikit air jika ingin menghasilkan santan yang kental. Kemudian, peras parutan kelapa di atas saringan agar tak ada parutan yang menggenang di air santan. Basahi rambut dari ujung hingga akar dengan santan kelapa, kemudian pijat kulit kelapa dengan lembut. Setelah dirasa cukup, ikatlah rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air bersih atau dengan sampo alami.

8. Gigi Yang Lebih Kuat.
Ini dikarenakan, buah kelapa memiliki kandungan kalsim serta magnesium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi agar lebih kuat dan sehat setiap waktu.

     Demikianlah manfaat buah kelapa bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca.


By MIYAH