Monday 18 May 2015

Manfaat Daun Pisang



manfaat daun pisang untuk kesehatan


Pisang merupakan buah yang sudah tidak asing lagi kita dengar dan sering kita dapatkan baik itu sebagai makanan pembuka atau sebagai selingan. Pisang juga banyak sekali olahannya baik itu berupa makanan kering ataupun makanan olahan lainnya. Buah pisang itu sendiri memiliki berbagai macam kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya vitamin C, vitamin E, kalium, potasium dan lainnya.

Selain enak rasa buahnya, ternyata hampir semua bagian pada pohon pisang sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan makhluk hidup di bumi ini, dimulai dari buah, batang, akar, bonggol, jantung dan daunnya. Nah, kali ini saya akan coba ulas tips kesehatan tentang manfaat daun pisang untuk kesehatan diantaranya:

1.  Kandungan allantolin yang ada pada daun pisang sangat berguna untuk memperbaharui sel kulit mati, sehingga dapat mengobati luka kecil pada tubuh kita. Selain itu daun pisang berguna untuk mengurangi ketombe, dan luka bakar dari sengatan matahari, caranya ambil daun pisang dan buat jus sari daun pisang, konsumsi seperlunya, untuk mengobati sengatan matahari, remdamlah daun pisang dengan air dingin kemudian gunakan air itu untuk mandi.
2.  Kandungan antioksidan pada kulit pisang dapat meredakan dan menetralisir racun akibat dari gigitan serangga, caranya ambil daun pisang muda kemudian haluskan dan usapkan pada kulit yang terkena gigitan serangga, selain itu pula daun pisang muda ini bisa digunakan untuk mengobati ruam-ruam pada kulit. Daun ini populer dengan sebutan penghapus alami.
3.  Jika anda memiliki bayi dan terdapat iritasi pada kulitnya, maka daun pisang bisa dijadikan alternatif sebagai salep untuk mengobati iritasi pada kulit bayi tersebut, selain itu campuran daun pisang, cabai bisa kita gunakan untuk mengobati bekas luka, mengurangi pendarahan dan gatal-gatal.
4.  Daun pisang juga tersedia dalam bentuk kapsul (suplemen/ekstrak cair) dapat diambil setiap hari untuk perlindungan dari noda, meski kulit Anda bersinar.
5.  Sebuah es batu yang digulung dalam daun dapat dipijatkan ke kulit. Ini menenangkan kulit dan mengurangi stres.

          Selain manfaat untuk kesehatan yang sudah disebutkan diatas, ternyata daun pisang dapat dimanfaatkan juga sebagai bahan pembungkus alami yang ramah lingkungan terutama untuk pembungkus: aneka makanan ringan, pepes ikan, otak-otak dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
By MIYAH