Saturday 6 June 2015

Manfaat Dahsyat Belimbing

Manfaat Dahsyat Belimbing



Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang sangat unik diantara buah yang lainnya. Buah ini memiliki bentuh fisik buah belimbing memang mirip seperti bintang dengan warna buahnya kuning kehijau-hijaun. Rasa buah belimbing mampu menggetarkan lidah penikmatnya, karena rasa manis bercampur asam ketika dikunyah dan dirasakan oleh lidah.
                            
Buah belimbing ini merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai karena cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Harganya yang murah meriah sangat pas untuk semua lapisan masyarakat. Biasanya buah ini diolah menjadi jus, manisan hingga dijadikan potongan buah segar dalam rujak.

Belimbing ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Berbagai nutrisi yang telah disebutkan tentu berperan luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan anda : 

1. Penyembuh Dari Berbagai Penyakit.
Berbagai penyakit yang dimaksud yaitu demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes, menangani hipertensi, menurunkan demam, menyembuhkan sariawan, mengatasi kolesterol.

2. Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker.
Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.

3. Menyehatkan Organ Pencernaan.
Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan.
Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian.

5. Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke.
Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan diatas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.

6. Pencegah Rambut Rontok Yang Efektif.
Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu manfaat buah yang didominasi dengan warna kuning cerah ini adalah membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun dan memiliki kandungan air yang berlimpah sehingga mampu menggantikan ion yang hilang setelah melakukan aktivitas. Itulah sebabnya mengonsumsi buah belimbing setelah melakukan kegiatan yang menguras keringat bisa membuat tubuh kembali segar dan penuh semangat.

8. Menambah nafsu makan
Buah belimbing mengandung vitamin A dan juga retinol. Kedua kandungan itulah yang terdapat dalam buah belimbing untuk merangsang nafsu makan seseorang. Apabila anda mulai merasa tidak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa potong buah belimbing. Beberapa saat kemudian, nafsu makan pun akan muncul kembali. Begitu pula yang dapat anda lakukan apabila anak sedang mengalami penurunan nafsu makan, berilah sedikit potongan buah belimbing segar untuk merangsang nafsu makannya.

9. Menghaluskan kulit wajah kasar
Buah belimbing memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam menghaluskan kulit wajah. Caranya yaitu, siapkan 1 buah belimbing yang telah matang, lalu bersihkan dan parut sampai habis. Setelah itu, bersihkan kulit wajah terlebih dahulu kemudian oleskan parutan buah belimbing tadi keseluruh kulit wajah yang kering. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dan lakukan perawatan tersebut secara teratur setiap hari sampai kulit tampak halus dan lembut.

10. Mencegah kerutan dan tanda penuaan
Manfaat buah belimbing khususnya kulit seringkali digunakan sebagai masker alami untuk meremajakan kulit agar senantiasa terlihat muda. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya dapat mencegah berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, flek hitam, wajah kusam, kasar dan lain sebagainya. Kulit yang tampak segarpun bisa didapat apabila perawatan kulit dengan buah belimbing dilakukan secara rutin.

11. Mencegah dan jerawat
Buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C, sehingga sangat amuh dalam melawan dan membunuh bakteri jerawat. Bagi anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, anda dapat melakukan cara menggosok-gosokan buah belimbing yang telah di belah pada kulit wajah yang berjerawat secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama semalam dan bersihkan pada pagi hari setelah anda terbangun. Pada awal pemakaian, jerawat akan matang dan mengeluarkan kotoran seperti nanah, biarkan karena itu artinya kotoran di dalam kulit wajah sedang dikeluarkan. Dalam beberapa hari jerawat akan mati dan kering, setelah itu sedikit demi sedikit jerawat pun akan mengilang sehingga kulit wajah akan tampak lebih bersih dan jauh dari jerawat. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur, jangan lupa sebelum melakukan perawatan bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat.

12. Mengurangi kadar minyak berlebih dan mengurangi komedo
Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah kulit berminyak, maka jika kulit tidak berminyak jarang terkena masalah jerawat. Cara seperti diatas juga sekaligus bermanfaat dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah anda. Maka dari itu, lakukan perawatan tersebut dengan benar dan teratur.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah belimbing. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba dari sekarang untuk mengonsumsi dan memanfaatkan buah belimbing secara rutin dalam jumlah yang tepat supaya bisa anda rasakan secara optimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk pembaca.

By MIYAH