Thursday 24 March 2016

Sholat Tahajud



CARA SHOLAT TAHAJUD
 
Hai sobat… Gimana nih kabarnya? Pasti baik kan, aamiin semoga selalu sehat wal’afiat. Kini ku akan berbagi ilmu tentang sholat tahajud atau biasanya bisa disebut dengan sholat malam. Karena sholat tahajud ini dilakukan pada malam hari. Sobat tau tidak manfaatnya. Subhanallah, luar biasa!!! Sholat tahajud ini adalah sholat yang istijabah dan do’anya pun mujarab bagi yang bersungguh-sungguh. Barang siapa yang rajin sholat tahajud tanpa putus-putus maka dialah orang yang pertama tau kiamat datang. It’s amazing!!! Saya itu bicara sesuai dengan yang diperkatakan Kyai saya, Really tidak menggadah-adah. Bagi yang percaya terusin bacanya tapi kalau yang tidak percaya dan mungkin itu menyinggung perasaan sobat saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

OK. Kita lanjutkan… Ini dia cara-caranya sholat tahajud. Ketika ngaji waktu itu Kitab Ta’lim yang membahas tentang keutamaan bangun malam bagi pelajar sampai akhirnya sholat tahajud. Kemudian setelah selesai ngaji saya bertanya kepada Kyai tentang cara sholat tahajud. Beliau berkata “Taruhlah buku itu, besok kau ambil!!!”. Ku taruh bukuku kemudian aku pamitan pulang. Keesokan harinya ketika ngaji, bukuku dikembalikan. Dan ini tulisannya yang sudah saya ketik. Dibawah ini…

1.     Niat
اُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّحَخُدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَتِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَا لَى
“Saya niat sholat sunnah tahajud dua rokaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”.
2.    Baca surat Al-Fatihah dan surat Al-Kaafirun rokaat pertama. Rokaat ke dua Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas. Kemudian tahiyyat dan salam.
3.    Jumlah rokaatnya tidak terbilang.
4.    Saratnya waktu malam setelah tidur.

Gimana sobat, simple, singkat, jelas, dan padat kan??? Semoga tidak membingungkan sobat. Sudah terbukti sobat. Kemaren tanggal 22 Maret 2016 salah satu anak perempuan dari teman saya bertanya kepadaku “Bagaimana sih caranya sholat tahajud, mbak?” Lalu aku tunjukkan bukuku itu yang dulu pernah aku minta tolong pada Kyai yang mengajariku mengaji tentang sholat tahajud dan beliau menuliskannya dibukuku yang kubawa itu. Kemudian dia membaca dan menghafalkannya, karena besok dia menghadapi Ujian Tengah Semester. Keesokkan harinya, dia menghampiriku dan berkata “Tadi saya bisa menjawab soal dengan mudah gara-gara semalam saya berhasil bangun sholat tahajud”. Saya tersenyum dan berkata “Alhamdulillah diberi kemudahan oleh Allah. Jam berapa kamu sholat tahajud kemaren malam?”. Dia menjawab “Sekitar jam 3 mbak, lalu belajar sebentar, karena susah untuk menghafal pelajaran lalu saya tidur sebentar sampai adzan subuh saya bangun lagi untuk sholat subuh”.

Kalo pribadiku sendiri sobat, hidupku terasa diberi kemudahan disetiap permasalahan, tenang, tentrem walaupun ada rasa sakit tapi itu tidak berjalan lama hanya sedikit karena tabah dan sabar sobat.

Cukup sekian keberbagiannya sobat. Terima kasih sudah membacanya dan berkunjung di my blog. Mohon maaf sobat jika ada kesalahan. Saya minta maaf sebesar-besarnya. Saran and kritik positif yang membangun tetap terbuka lebar. Bisa di konfirmasi melalui Facebook (Choirul Islamiyah) ataupun twitter (Miyah_Islamiyah). Terima kasih banyak sobat atas perhatiannya. Be carefully and don’t forget be smile in everyday. Gomawon!!!