Sunday 22 May 2016

bulan sya'ban



Arti Bulan Sya’ban

Hai sobat semuanya… Kini saya akan mengshare ilmu yang saya dapatkan to All. Semoga dapat bermanfaat bagi kesemuanya.

 
Bulan Sya’ban adalah bulan dibukanya pintu langit yang isinya 300 macam Rahmat. Dalam istilah orang Jawa Bulan Sya’ban adalah bulan ditutupnya buku catatan kita selama setahun dan diganti dengan yang baru lagi. Maka, bagi yang memohon pertolongannya kelak di akherat, maka salah satu caranya adalah memohon dan meminta di waktu Sya’ban ini. Di dalam Sya’ban ini para ulama memerintahkan agar kita selalu berdzikir dan membaca surat Yaasiin sebanyak 3 kali, dengan tujuan:


1.   Minta Umur yang panjang untuk beribadah kepada Allah SWT
2.   Minta rezeki yang banyak dan halal
3.   Iman yang kuat sampai akherat

Ada sebuah kisah tentang bulan Sya’ban ini kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika itu Nabi sedang tidur kemudian datang Malaikat Jibril menyuruh Nabi agar bangun untuk melaksanakan sholat dan berdo’a kepada Allah SWT. Nabi bertanya kembali kepada Malaikat Jibril “Kenapa saya dibangunkan  dan disuruh sholat dan juga berdo’a kepada Allah SWT? Bulan apa ini?” Malaikat lalu menjelaskan bahwa sekarang adalah Bulan Sya’ban yaitu bulan dibukanya pintu langit yang berisi 300 macam Rahmat Allah SWT. Subahanallah, Nabi Muhammad langsung bangun dan melaksanakan sholat dan juga berdo’a.

Tetapi, ada tapinya ya… Di bulan Sya’ban Allah SWT benar membuka pintu Rahmat dan mengampuni dosa-dosa umat Nabi Muhammad, tetapi ada perkecualian. Perkecualian itu adalah orang yang menyembah Allah (bukan musyrik) namun melanggar perintah Allah SWT. Diantaranya tukang sihir, tukang peramal/sulap, Judi, MiRas (Minuman KerRas), Pecandu Narkotika, Zina, dll.

Mangkanya sobat,,, Hati-hatilah engkau dalam bertindak dan berperilaku. Maka contohlah Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Supaya tidak terjerumus dalam hal-hal yang tak kita inginkan. Cukup sekian sobat yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih.