Program dan Pemrograman
Ohayo, Arigato for to all readers. I hope
you fine and you can do to activity such as generally. Aamiin. So, let’s study together.
Yeeiy, Cekidot…
Algoritma
baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses (processor). Pemroses
itu bisa manusia, komputer, robot, mesin, dan sebagainya. Pemroses membaca
setiap instruksi di dalam algoritma lalu mengerjakannya. Menurut [GOL88], suatu
pemroses harus:
1.
Mengerti
setiap langkah dalam algoritma
2.
Mengerjakan
operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Kita memfokuskan pemroses algoritma adalah
komputer. Komputer adalah alat bantu untuk menjalankan perintah-perintah di
dalam algoritma yang telah “dimasukkan” ke dalamnya. Agar komputer mengerti
perintah yang dimaksudkan, maka perintah tersebut harus ditulis dalam bahasa
yang dipahami olehnya. Oleh karena itu, algoritma harus ditulis dalam bahasa
khusus, yaitu bahasa komputer. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer
dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis
program dinamakan bahasa pemrograman. Orang yang membuat program
komputer disebut pemrogram, dan kegiatan merancang dan menulis
program disebut pemrograman. Di dalam pemrograman ada aktivitas
menulis kode program, kegiatan ini dinamakan coding.
Salah satu dari sekian banyak bahasa
pemrograman, yang akan kita bahas pada perjumpaan kali ini adalah bahasa
Pascal. Program di bawah ini adalah salah satu contoh sebuah kode program
dalam bahasa Pascal. Program tersebut melakukan pengurutan sekumpulan nilai
ujian mahasiswa. Data nilai ujian mahasiswa dibaca dari papan ketik (keyboard),
lalu diurutkan dari kecil ke besar, dan akhirnya hasil pengurutan ditampilkan
di layar peraga (monitor). Untuk sementara, Anda tidak perlu memikirkan
bagaimana membuat program ini, karena materi seperti inilah yang akan kita
bahas pada kali ini. Jadi, sabarlah dulu. Patient! FIGHTING!
program
PENGURUTAN;
{Program untuk mengurutkan nilai ujian
sejumlah mahasiswa}
const
Nmaks=1000; {jumlah maksimum data}
var
Nilai
:array[1..Nmaks] of integer; {tempat
menyimpan data}
J,k,temp,
N, Imaks : integer;
begin
{baca
data nilai ujian N orang mahasiswa}
read(N);
for
j:=1 to N do
readln
(Nilai[j]);
{endfor}
{urutkan
data dengan langkah-langkah berikut:}
for
j:=1 to N-1 do {ulangi
sebanyak N-1 kali}
begin
{cari
nilai terbesar}
Imaks:=j;
for k:=j+1 to N do
If
Nilai[k] > Nilai[j] then
Imaks:=k;
{endif}
{endfor}
{tempatkan
nilai terbesar pada posisi yang tepat}
temp:=Nilai[j];
Nilai[j]:=Nilai[Imaks];
Nilai[Imaks]:=temp;
end; {for}
{tuliskan
nilai yang sudah terurut!}
for
j:=1 to N do
Writeln(Nilai[j]);
{endfor}
end.
Secara garis
besar komputer tersusun atas empat komponen utama: piranti masukan, piranti
keluaran, unit pemroses utama, dan memori.
1) Unit pemroses utama (Central Processing Unit – CPU) adalah “otak”
komputer, yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi
perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis.
2) Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau
mengingat-ingat. Yang disimpan di dalam memori adalah program (berisi
operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu
yang diolah oleh operasi-operasi).
Piranti masukan dan keluaran
(I/O devices) adalah alat yang memasukkan data atau program ke dalam memori,
dan alat yang digunakan komputer untuk mengomunikasikan hasil-hasil
aktivitasnya.
3) Contoh piranti masukan antara lain papan ketik (keyboard),
pemindai (scanner), tetikus (mouse), joystick, dan cakram (disk).
4) Contoh piranti keluaran adalah layar peraga (monitor), pencetak
(printer), perajah (plotter), dan cakram.
Mekanisme
kerja keempat komponen diatas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula
program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi
(execute), setiap perintah di dalam program yang telah tersimpan di dalam
memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan
perintah tersebut. Bila suatu perintah di dalam program meminta data masukan,
maka data dibaca dari piranti masukan, lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang
memerlukannya. Bila program menghasilkan keluaran, maka keluaran tersebut
ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
Sumber: Buku ALGORITMA&PEMROGRAMAN
DALAM BAHASA PASCAL dan C Edisi Revisi.
That’s all
for now. I’m sorry for some mistake that I made in my writer. Thank you so
much. Gomawo! And God job for all readers. By Miyah.
Salam Inspirasi