Wednesday 22 June 2016

Let's learn Pemrograman together!



Program dan Pemrograman

Ohayo, Arigato for to all readers. I hope you fine and you can do to activity such as generally. Aamiin. So, let’s study together. Yeeiy, Cekidot…


Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses (processor). Pemroses itu bisa manusia, komputer, robot, mesin, dan sebagainya. Pemroses membaca setiap instruksi di dalam algoritma lalu mengerjakannya. Menurut [GOL88], suatu pemroses harus:
1.    Mengerti setiap langkah dalam algoritma
2.    Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Kita memfokuskan pemroses algoritma adalah komputer. Komputer adalah alat bantu untuk menjalankan perintah-perintah di dalam algoritma yang telah “dimasukkan” ke dalamnya. Agar komputer mengerti perintah yang dimaksudkan, maka perintah tersebut harus ditulis dalam bahasa yang dipahami olehnya. Oleh karena itu, algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus, yaitu bahasa komputer. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman. Orang yang membuat program komputer disebut pemrogram, dan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman. Di dalam pemrograman ada aktivitas menulis kode program, kegiatan ini dinamakan coding.

Salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman, yang akan kita bahas pada perjumpaan kali ini adalah bahasa Pascal. Program di bawah ini adalah salah satu contoh sebuah kode program dalam bahasa Pascal. Program tersebut melakukan pengurutan sekumpulan nilai ujian mahasiswa. Data nilai ujian mahasiswa dibaca dari papan ketik (keyboard), lalu diurutkan dari kecil ke besar, dan akhirnya hasil pengurutan ditampilkan di layar peraga (monitor). Untuk sementara, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana membuat program ini, karena materi seperti inilah yang akan kita bahas pada kali ini. Jadi, sabarlah dulu. Patient! FIGHTING!

program PENGURUTAN;
{Program untuk mengurutkan nilai ujian sejumlah mahasiswa}
const
Nmaks=1000;    {jumlah maksimum data}
var
     Nilai :array[1..Nmaks] of integer; {tempat menyimpan data}
     J,k,temp, N, Imaks : integer;
begin
     {baca data nilai ujian N orang mahasiswa}
     read(N);
     for j:=1 to N do
          readln (Nilai[j]);
     {endfor}

     {urutkan data dengan langkah-langkah berikut:}
     for j:=1 to N-1 do  {ulangi sebanyak N-1 kali}
          begin
          {cari nilai terbesar}
          Imaks:=j;
          for k:=j+1 to N do
               If Nilai[k] > Nilai[j] then
                    Imaks:=k;
               {endif}
          {endfor}

          {tempatkan nilai terbesar pada posisi yang tepat}
          temp:=Nilai[j];
          Nilai[j]:=Nilai[Imaks];
          Nilai[Imaks]:=temp;
     end; {for}

     {tuliskan nilai yang sudah terurut!}
     for j:=1 to N do
          Writeln(Nilai[j]);
     {endfor}
end.

Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama: piranti masukan, piranti keluaran, unit pemroses utama, dan memori.

1)  Unit pemroses utama (Central Processing Unit – CPU) adalah “otak” komputer, yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis.
2)  Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau mengingat-ingat. Yang disimpan di dalam memori adalah program (berisi operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu yang diolah oleh operasi-operasi).

Piranti masukan dan keluaran (I/O devices) adalah alat yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat yang digunakan komputer untuk mengomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya.
3)  Contoh piranti masukan antara lain papan ketik (keyboard), pemindai (scanner), tetikus (mouse), joystick, dan cakram (disk).
4)  Contoh piranti keluaran adalah layar peraga (monitor), pencetak (printer), perajah (plotter), dan cakram.

Mekanisme kerja keempat komponen diatas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), setiap perintah di dalam program yang telah tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan perintah tersebut. Bila suatu perintah di dalam program meminta data masukan, maka data dibaca dari piranti masukan, lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya. Bila program menghasilkan keluaran, maka keluaran tersebut ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
Sumber: Buku ALGORITMA&PEMROGRAMAN DALAM BAHASA PASCAL dan C Edisi Revisi.

That’s all for now. I’m sorry for some mistake that I made in my writer. Thank you so much. Gomawo! And God job for all readers. By Miyah.
Salam Inspirasi