Wednesday 13 July 2016

BIASAKAN DIRI UNTUK MENABUNG



Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Sedia payung sebelum hujan, begitu biasa para orangtua mengajarkan pentingnya menabung demi masa depan yang mapan. Anjuran ini tentu saja sangat berguna, terlebih ketika saat sulit datang dan membutuhkan kekuatan finansial untuk menyokongnya.

SAYANGNYA, sebagian orang terbilang cukup sulit membiasakan diri untuk menabung. Yang ada malah besar pasak daripada tiang alias pengeluaran yang jauh melebihi pendapatan bulanan. Bicara soal penghasilan bulanan sobat, bisa jadi gaji atau honor yang diterima diatas rata-rata penghasilan orang lain pada umumnya. Sayangnya, pada praktiknya, hidupnya banyak utang disana-sini.

So, apa yang harus kita lakukan untuk membiasakan diri menabung?



  • Hal pertama yaitu segera menabung setelah menerima penghasilan.


Cara ini membuat Sobat lebih memprioritaskan menabung ketimbang membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang kurang penting.


  • Setelah itu, segera pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan.


Hal ini perlu! Agar kegiatan menabung Sobat menjadi efektif dan terpantau perkembangannya. Bila perlu, hindari fasilitas ATM agar Sobat tidak tergoda untuk mengambil uang dari rekening tabungan. Jika bingung berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk tabungan, sebagai panduannya angka 10% terhitung wajar bagi Sobat yang sudah berumah tangga. Jika masih lajang, tidak ada salahnya Sobat menabung hingga 40%.


  • Untuk membiasakan diri, anggaplah uang yang ditabung tadi sebagai uang yang “hilang” sehingga sobat tidak merasa menabung sebagai suatu kewajiban yang memberatkan.


Ketika Sobat sudah terbiasa menabung, hal ini akan terasa seperti suatu kebutuhan utama. Terlebih lagi jika Sobat pernah memanfaatkannya pada saat darurat. Saat Sobat sudah terbiasa, secara perlahan tapi pasti, naikkan persentase uang yang ditabung. Tanpa terasa, Sobat telah menjadi orang yang jauh lebih hemat dan menghargai setiap rupiah yang dikeluarkan.

Dengan beberapa cara ini, niscaya sobat readers akan bisa lebih menikmati hidup dan menjadi orang yang cerdas dan bijak dalam mengatur dan mengelola uang. Bukan tidak mungkin jika uang yang sobat tabung ini bisa menjadi modal untuk usaha sampingan yang akan mendatangkan keuntungan berlipat.
Sumber koran

Cukup sekian kurang lebihnya sobat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan. Jangan lupa atas saran, kritik, dan pendapat yang membangun, dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Aamiin...

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

No comments: